--
3


Bangga Budaya Indonesia


Kelestarian Budaya Juga Kewajiban Kita

Kebudayaan Indonesia itu beraneka ragam dan berasal dari berbagai suku di penjuru tanah air Indonesia. Kebudayaan Indonesia walau bermacam-macam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya, seperti kebudayan Tionghoa, kebudayaan India, dan kebudayaan Arab. Seperti kesenian tarian Melayu: Serampang Dua Belas, Joget lambak, Zapin, tari Tanggai yang pada dasarnya dipengaruhi kebudayaan negeri tetangga kita, Malaysia.Ampar-ampar Pisang (kalimantan Selatan), Cik-cik Periuk (kalimantan barat), Ayam Den lapeh (Sumatera Barat), Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung (Jakarta) juga merupakan lagu-lagu daerah. Sesungguhnya banyak sekali kesenian budaya yang diwariskan, tetapi banyak anak muda yang tidak meneruskan warisan leluhur ini, anak muda yang masa bodoh dengan budayanya. Ini sama saja dengan membunuh identitas negara, misalnya mereka lebih memilih musik barat yang lebih populer.

Seperti yang masih hangat dalam ingatan kita, kesenian Reog Ponorogo yang di klaim oleh negara lain yang masih satu rumpun dengan kita, yaitu Malaysia. Setelah malaysia mengklaim kita baru mengakuinya dengan bangga bahwa itu adalah milik kita. Tapi saat ada beberapa kebudayaan yang belum diklaim, kita mengacuhkannya saja. Padahal Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya, tetapi kita sendiri tidak menghiraukannya. Seharusnya tanpa menunggu diklaim, kita harus sudah mencatat, mengakui, dan mempertahankannya sebagai milik kita, Indonesia.

Di lain pihak, semestinya bukan hanya pemerintah yang berperan aktif dalam menjaga kebudayaan tetapi masyarakat terutama remaja juga harus berperan aktif dalam mengenalkan budaya Indonesia ke dunia luar. Karena sebagai anak bangsa kita wajib berbangga dengan budaya Indonesia, dan wajib untuk melestarikan budaya sebagai identitas Indonesia.

Kebanggaan kepada bangsa kita, Indonesia berarti kita juga bangga dengan budaya bangsa Indonesia. Bangga dengan budaya bangsa Indonesis berarti juga kita harus mau menggunakan kebudayaan itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kita menyatakan bangga dengan budaya Indonesia namun kita tidak mau menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, maka bisa dipastikan bahwa kebanggaan kita itu hanyalah kebanggaan semu, tidak merasuk dalam hati nurani kita.

Hal ini penting untuk dipahami, karena banyak diantara masyarakat Indonesia, terutama remaja dan pelajarnya yang secara lisan menyatakan bangga dengan budaya Indonesia, namun kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari mereka jarang sekali bersentuhan dengan budaya yang mereka akui mereka banggakan itu. Bahkan mungkin bisa dikatakan bahwa remaja kita merasa malu jika menggunakan produk budaya Indonesia. Misalnya saja memakai pakaian batik kebaya pada remaa putri, menyanyikan lagu dangdut/lagu daerah pada pertunjukan musik, menonton wayang, dan sebagainya.

Mengapa kami menekankan pentingnya kebanggaan budaya bangsa di kalangan remaja atau pelajar? Karena menurut kami merekalah generasi penerus bangsa ini. Jika pada saat ini mereka sudah tidak bangga lagi dengan keberadaan kebudayaan bangsanya sendiri, maka bisa dipastikan di masa yang akan datang, generasi kita akan semakin asing dan tidak mengenal kebudayaan bangsanya sendiri.

Jadi, agar kebudayaan bangsa kita bisa tetap eksis, maka mulailah dari diri kita sendiri. Merasalah bangga dengan budaya bangsa dengan cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Maukah? []

By: Abi Rafdi dan Shinta

3 Response to Bangga Budaya Indonesia

10 Juni 2010 04.53

Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa kita harus tetap mengembangkan bakat, minat, potensi serta menjaga kebudayaan bangsa kita...karena itulah keunikan bangsa kita Indonesia...
Nice article...
komen di artikel terbaruku ya!
thx kawan...

10 Juni 2010 05.17

@arya : iyah harus ,indonesia harus kita jaga karena ini warisan dari nenek moyang kita. ok gan nice commmet :)

21 Juni 2013 02.22

YANG PALING URGENT SAAT INI ADALAH
MASALAH DAFTAR ULANG,
MENGAPA BIAYA KEGIATAN SISWA KE XI NAIK KE XII BESAR BANGET (1,5JT) PADAHAL KITA SEMUA TAU BAHWA U/ KELAS XII TIDAK ADA KEGIATAN, KALAUPUN ADA HANYA SHOLAT MALAM SAJA !! DIKEMANAKAN UANG SEBESAR ITU ???? GIMANA PERTANGGUNG JAWABAN SEKOLAH ???!!!

MOGA2 IPM IKUT MEMBANTU MEMECAHKAN MASALAH INI & JANGAN DIAM SAJA !!!
PERCUMA ADA IPM KALAU HANYA KEPANJANGAN DARI SEKOLAH DAN HANYA DIAM SAJA TANPA BERBUAT APA2 !!!!

Posting Komentar